RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD Surgi Mufti 4
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /semester : V / I
Kemampuan Prasarat : Luas Persegipanjang
Alokasiwaktu : 35 menit
A. Standar Kompetensi:
Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar:
Menghitung luas Trapesium dan layang-layang.
C. Indikator:
Kognitif:
Menentukan rumus luas trapesium dengan memanfaatkan rumus luas persegi panjang.
Mendifinisaikan bangun trapezium
Menghitung luas trapezium
Afektif:
Melatih kejujuran dalam engerjakan tugas
Melatih kerjasama dalam kelompok
Melatih ketelitian dalam menghitung luas bangun datar
Menghargai pendapat atau hasil karya teman
Cakap memecakan masalah tentang luas daerah bangun datar
Berlatih berkomunikasi melalui presentasi hasil kerja kelompok
Psikomotor:
Terampil menggambar bangun datar
Melakukan aktifitas merubah gambar persegipanjag menjadi gambar trapezium
D. Tujuan Pembelajaran:
Kognitif:
Siswa dapat menemukan rumus luas daerah trapesium dengan memanfaatkan rumus luas daerah persegipanjang
Siswa dapat menentukan luas daerah trapesium dengan menggunakan rumus
Siswa dapat menentukan luas daerah trapesium dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat mendifinisikan bangun trapesium
Afektif:
Siswa dapat melatih kejujuran dalam mengerjakan tugas
Siswa dapat melatih kerjasama dalam kelompok
Siswa dapat melatih ketelitian dalam menghitung luas bangun datar
Siswa dapat menghargai pendapat atau hasil karya teman
Siswa cakap memecakan masalah tentang luas daerah bangun datar
Siswa berlatih berkomunikasi melalui presentasi hasil kerja kelompok
Psikomotor:
Siswa dapat terampil menggambar bangun datar
Siswa dapat melakukan aktifitas merubah kekekalan luas persegipanjang menjadi luas trapesium
E. Materi Pembelajaran:
Luas Trapesium
F. Strategi Pembelajaran:
CTL (Realistik)
Metode Pembelajaran:
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Demonstrasi
Presentasi
Kerja kelompok
G. Langkah langkah Pembelajaran:
Kegiatan awal:(5 menit)
Mengkondisikan kelas untuk siap belajar
Memotivasi siswa melalui apersepsi:
D C
l
A p B
Gb.
Mengulang bangun persegipanjang yaitu bangun yang mempunyai dua pasang sisi yang sejajar dan sudutnya siku-siku
Mengulang apa itu panjang dan apa itu lebar bangun persegpanjang
AB dan CD adalah panjang
AD dan BC adalah lebar
Mengulang luas daerah persepanjang yaitu L = p x l
Menyanyikan lagu matematika memang oke
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan
Kegiatan inti:(20 menit)
Guru memberikan masalah sbb:
Pak Ali mempunyai sebidang tanah (gb2), Ia ingin menjual tanah dengan harga 1m2 Rp 75.000,- Berapakah harga jual sebidang tanah pak Ali ?
15m
17m
25 m
Gb.2
Untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah langkah berikut:
Siswa bekerja dalam kelompok menyelesaikan masalah yang diajukan guru.
Guru berkeliling untuk mengamati memotivasi dan memvasilitasi serta membanu siswa yang memerlukan bantuan sbb:
Lembar kerja peserta didik 1
Perhatikan gambar persegi panjang ABCD berikut:
D C D p=6 C
Satuan luas
L=4
A B A B
Luas persegi panjang adalah: L = ……. satuan luas,
Atau L = ……. X ……..
= ……… satuan luas
Jadi rumus luas persegipanjang: L = ….. X …..
Perhatikan gambar trapesium ABCD berikut:
D C potonglah sesuai dengan garis putusputus.
1 3 2 akan menjadi 4 potongan bangun datar yaitu:
F G H E (gb.1, gb.2,gb.3 dan gb.4)
4 kemudian susunlah menjadi gambar persegi
A B pajang AHCG sbb:
G G H E D C
1 4 2 3
A B G H
Luas trapesium ABCD = Luas persegi panjang AHCG = AH x HG = (AB + GH) x ½ Tinggi trapesium
Siswa wakil kelompok mempresentasikan hasil penyelesaian dan alasan atas jawaban permasalahan yang diajukan guru
Siswa bekerja dalam kelompok menyelesaikan lembar kerja yang berkaitan dengan luas daerah trapesium
Tentukan luas trapezium ABCD jika AB=6 cm,CD=4cm dan AD=3m
D C
A B
Prediksi /jawaban sementara “L = (6 + 4) ½ .3. Cm2 = 15 cm2”
Hitunglah luas trapesium dengan ukuran berikut.
1. a = 8 cm, b = 6 cm, dan t = 4 cm
2. a = 16 cm, b = 10 cm, dan t = 7 cm
3. a = 24 cm, b = 12 cm, dan t = 14 cm
4. a = 45 cm, b = 30 cm, dan t = 24 cm
5. a = 55 cm, b = 44 cm, dan t = 30 cm
Prediksi / jawaban sementara sbb :
1. L = (8 + 6). ½ . 4 = 28 cm2
2. L = (16 +10) ½. 7 = 91 cm2
3. L = (24 + 12) ½ . 14 = 252 cm2
4. L = (45 +30) ½. 24 = 900 cm2
5. L = (55 + 44) ½ .30 = 1485 cm2
Guru bersama siswa membahas kaitan permasalahan dengan luas daerah guru berkeliling untuk mengamati, memotivasi,dan memfasilitasi kerja sama
Siswa wakil kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok yang mendapat tugas
Dengan mengacu pada jawaban siswa, melalui Tanya jawab,guru dan siswa membahas penegasan atau kesimpulan cara mencari atau menemukan luas daerah trapesium yang didapat dari luas daerah persegipanajang
Siswa menjawab permasalahan yang diajukan guru (gambar 2)
Prediksi/jawaban sementara :
L = (15 + 25) ½. 17 = 340 m2
Harga tanah Rp.75.000,00 /m2, jadi harga jual tanah pak Ali = 340 X 75.000 = Rp.25.500.000,00
Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang dirasakan siswa, materi yang belum dipahami dengan baik, kesan dan pesan selama mengikuti pelajaran.
Penutup: (10 menit)
Guru dan siswa membuat kesimpulan cara mencari atau menemukan rumus luas daerah trapesium.
Luas Trapesium = jumlah sisi yang sejajar X ½ tinggi
Siswa mengerjakan lembar tugas soal (terlampir )
Siswa menukarkan lembar tugas satu dengan yang lain kemudian guru bersama siswa membahas penyelesaian lembar tugas sesuai kesepakatan yang diambil
H. Sumber Belajar:
KTSP 2006
Buku matetatika SD kelas V
Alat : gunting, karton, papan panel, lembar laporan tugas.
I. Penilaian/Evaluasi
Penilaian proses dilaksanakan pada saat siswa melakukan diskusi dan presentasi, yaitu keterlibatan dan aktivitas siswa dalam kelompok serta partisipasi siswa selama proses pembelajaran
Soal :
a. Penilaian Unjuk Kerja
1) Pedoman Penskoran (rubrik)
Tahap Deskripsi Skor
| Tahap | Deskripsi | Skor |
| Persiapan | Memuat: rancangan langkah-langkah kerja, waktu, perkiraan data yang akan diperoleh (format penyelidikan) yang sesuai dengan pertanyaan. | 0 - 2 |
| Pelaksanaan | Ketepatan menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah, kejelasan dan kelengkapan proses pencatatan pemecahan masalah. | 0 - 4 |
| Pelaporan | Ketepatan isi hasil penyelesaian masalah, uraian langkah-langkah penyelesaian masalah, dan ketepatan menjawab pertanyaan. | 0 - 4 |
| | Total | 0 - 10 |
2) Contoh Penggunaan (rubrik)
NO
| No | Nama kelompok | Persiapan 0-2 | Pelaksanaan 0-4 | Pelaporan 0-4 | Nilai Akhir 0-10 |
| 1 | Mawar | 2 | 3 | 2 | 7 |
| 2 | Melati | 2 | 3 | 3 | 8 |
| 3 | Nusa indah | 2 | 4 | 3 | 9 |
| 4 | Sepatu | 2 | 2 | 2 | 6 |
Catatan:
Pada penskoran di atas, sebagai contoh penskoran untuk setiap kegiatan
adalah sebagai berikut.53
a) Kegiatan persiapan/perancangan adalah sebagai berikut
| kinerja | skor |
| Tidak melakukan persiapan | 0 |
| Melakukan sebagian persiapan | 1 |
| Diskrispsi rubrik persiapan dilakukan semua | 2 |
b) Kegiatan pelaksanaan mendapat
Skor 4 = tanpa kesalahan/lengkap,
Skor 3 = ada sedikit kesalahan/kurang lengkap, Skor 2 = ada banyak
kesalahan/tidak lengkap, dan
Skor 1 = tidak melakukan/tidak ada dari
rubrik yang telah ditentukan.
c) Kegiatan pelaporan mendapat
skor 4 = tanpa kesalahan/lengkap,
Skor 3= ada sedikit kesalahan/kurang lengkap,
Skor 2 = ada banyak kesalahan/tidak lengkap, dan
Skor 1 = tidak melakukan/tidak ada dari rubrik yang telah ditentukan.
d) Jumlah skor dapat ditransfer ke nilai dengan skala 0 s.d. 100.
e) Contoh: Nilai kelompok
B = 8/10 X 100 = 80
b. Contoh instrumen penilaian afektif dalam diskusi kelompok
| No | Nama kelompok | Tanggung jawab | Kerja Sama | Kedi- siplinan | Keso- panan | Menghar- Gai teman | Keju- juran | Skor | Ketera ngan |
| 1 | Mawar | 5 | 4 | 5 | 4 | 4 | 5 | 27 | Amat baik |
| 2 | Melati | 2 | 2 | 2 | 3 | 3 | 2 | 14 | kurang |
| 3 | Nusa Ind | - | | | | | | | |
| 4 | Sepatu | - | | | | | | | |
No
Catatan
1) Kolom perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
2) 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5 = amat baik
3) Skor merupakan jumlah dari skor-skor tiap-tiap indikator perilaku
4) Skor maksimum = 30
5) Jumlah skor dapat ditransfer ke nilai dengan skala 0 s.d. 100.
6) Contoh: Nilai kelompok A = 27/30 X 100 = 80
7) Keterangan diisi dengan deskripsi nilai seperti berikut:
b) Nilai 90 – 100 berarti amat baik,
c) Nilai 75- 89 berarti baik
d) Nilai 55 - 74 berarti cukup
e) Nilai 35 - 54 berarti kurang
f) Nilai 0 - 34 berarti sangat kurang
Banjarmasin,11 Oktober 2010
Drs. Sunarno, M.Pd
NIP.196107081988031001
Mengetahui Kepala Sekolah
SD N Surgi Mufti 4 Banjarmasin Utara
Sumarmi, S.Pd
NIP. 19600814198201013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar